Selasa, 20 Desember 2011

Makanan Sehat Untuk Jantung

Cara Mencegah Penyakit Jantung Dengan Mengkonsumsi Makanan Sehat Untuk Jantung

Penyakit jantung yang paling diwaspadai saat ini adalah penyakit jantung koroner.Penyakit ini makin banyak diderita karena semakin banyaknya orang yang tidak hidup dengan sehat.Perkembangan jaman menjadi pemicu orang-orang menjauhi pola  hidup sehat.Penyakit jantung bisa berakibat fatal karena itu perlu dicegah sedari dini.

Cara mencegah penyakit jantung dengan menjalankan pola hidup sehat,hindari hal-hal yang bisa memicu resiko penyakit jantung.Membiasakan diri hidup sehat dengan berolah raga dam menjauhi rokok akan sangat membantu menghindari penyakit jantung.Tidak kalah penting juga dengan selalu membuat pikiran anda berfikir positif dan menghindari stres.

Selain dari pada itu sebaikanya pencegahan pun dilakukan dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung.Pencegahan dengan makanan alami akan membuat jantung lebih sehat dari dalam.

Makanan Sehat Untuk Jantung

Berikut ini adalah beberapa makanan sehat untuk jantung yang akan sangat baik untuk kesehatan jantung bila dikonsumsi:

1. Almond
    Kacang Almond mengandung vitamin B2 (riboflavin), vitamin E, magnesium dan zinc yang secara keseluruhan akan membuat jantung Anda berada dalam ‘mood’ yang baik. Mengonsumsi almond 1/4 cangkir dalam sehari jauh lebih sehat daripada sekantung keripik. Almond yang lezat ini bisa Anda campur pada sarapan oatmeal Anda. Hmm… pasti lezat dan gurih.

2. Asparagus
    Sayur hijau ini ampuh untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Kandungan folate, vitamin C dan vitamin D akan menghindari jantung Anda dari radang. Selain itu, asparagus juga rendah kalori. Anda bisa mengolah asparagus dengan cara merebusnya lalu diberi siraman minyak zaitun, perasan lemon dan sedikit taburan keju parmesan.

3. Kacang Merah
    Kacang-kacangan mengandung protein nabati, vitamin B, zat besi, dan kalsium. Menyajikannya 15 gram dalam sup akan sangat membantu melawan kolesterol jahat yang berbahaya bagi kesehatan jantung Anda. Buat saja sup kacang merah yang dicampur tomat, wortel, seledri dan sedikit merica.

4. Blueberry
    Hampir semua buah segar baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Tetapi blueberry adalah pilihan terbaik. Buah dengan warna biru-ungu gelap ini kaya antioksidan dan vitamin C, keduanya mampu atasi stres serta rendah kalori sehingga ini baik untuk jantung Anda. Tidak perlu diolah macam-macam, Anda langsung bisa mengonsumsinya. Bisa juga dibuat smoothie dengan campuran plain yogurt, nyum…

5. Brokoli
    Brokoli mengandung vitamin B dan foliacid, di mana keduanya membantu mengurangi stres dan kepanikan. Selain itu, nutrisi alami tersebut juga baik untuk jantung jika dimasak dengan cara yang benar. Brokoli paling baik jika dikukus atau direbus dalam waktu yang singkat. Kemudian beri perasan lemon, ekstra virgin olive oil dan bila suka pedas taburi dengan bubuk cabai.

6. Coklat
    Bukan sembarang coklat, tetapi dark chocolate (dengan kadar cocoa setidaknya 75%) akan baik untuk meredakan stres dan baik untuk jantung Anda. Sebuah penelitian di University of Scranton di Pennsylvania menunjukkan bahwa mengonsumsi 6 ons dark chocolate sehari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Untuk yang satu ini, tidak perlu diolah macam-macam, langsung digigit juga sudah lezat.

7. Sayur Berdaun Hijau
    Bayam, kangkung, daun lobak dan sayuran dengan daun warna hijau adalah makanan yang mengagumkan karena mengandung banyak zat besi, vitamin C, keduanya bagus untuk kesehatan tulang, gigi dan rambut, selain itu kandungan vitamin A dan magnesium akan menjaga mood Anda. Semua nutrisi baik itu juga akan baik untuk jantung Anda. Sayuran tersebut bisa Anda olah menjadi apa saja, jangan terlalu lama memasaknya agar nutrisi alaminya tidak hilang.

8. Daging Tanpa Lemak
    Agak mengejutkan bukan? Daging biasanya bukan pilihan untuk menjaga kesehatan jantung. Nyatanya Anda tetap bisa menikmati daging merah (sapi, kambing, domba) tanpa lemak. 4 hingga 6 ons daging tanpa lemak tetap sehat untuk jantung Anda karena kaya akan zat besi, zinc, vitamin B yang keseluruhan akan membuat Anda lebih tenang. Daging tanpa lemak ini paling baik Anda sajikan dalam bentuk steak.

9. Salmon Dan Ikan Lainnya
    Mayoritas ikan laut mengandung vitamin B6 dan B12 yang bisa membantu tubuh menghasilkan serotonin, zat yang akan membuat Anda rileks dan bahagia. Ikan laut juga mengandung omega-3 yang baik untuk menormalkan tekanan darah dan mengurangi risiko sakit jantung. Sajikan ikan laut yang dipanggang atau dikukus.

10. Ubi Manis
    Sayuran berwarna selalu baik untuk kesehatan Anda, termasuk ubi manis. Tanaman umbi-umbian yang mirip dengan kentang ini mengandung antioksidan yang akan membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Sekalipun bentuknya tidak menarik, rasanya lezat dan manis alami. Anda bisa memasak ubi manis dengan mengukusnya atau memotongnya dalam ukuran kecil dan dicampur dengan ayam panggang.

11. Walnuts
    Walnuts adalah salah satu jenis kacang yang memiliki manfaat luar biasa. Kandungan alpha-linolenic acid yang merupakan bagian dari omega 3 dapat mengurangi risiko jantung koroner. Kacang lezat ini bisa Anda konsumsi sebagai snack. Bisa juga Anda campurkan pada oatmeal sarapan Anda dengan potongan blueberry.

12. Gandum Utuh
    Gandum utuh kaya akan serat dan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, gandum utuh akan memasok serotonin yang akan membuat Anda merasa bahagia. Mengonsumsi setengah cangkir gandum utuh sehari akan membuat kadar kolesterol jahat dalam darah berkurang. Anda bisa mengonsumsi gandum utuh instant yang hanya butuh disiram air panas untuk mengonsumsinya.

13.Teh Hijau
    Teh hijau memang dipercaya mampu membantu mengatasi berbagai penyakit salah satunya adalah jantung.Teh hijau mampu menurunkan kolesterol jahat.(metrotvnews.com)

Mengingat fungsi jantung untuk dalam tubuh kita,penyakit jantung sama sekali tidak bisa disepelekan,karena itu sebaiknya jaga selalu kesehatan jantung dengan menerapkan pola hidup sehat.Salah satu caranya dengan membiasakan mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung seperti yang telah disebutkan di atas.Pencegahan lebih baik daripada mengobati,jangan tunggu hingga jantung bermasalah.Namun bila anda mengalami penyakit jantung gunakan obat herbal jantung koroner untuk mengobatinya.Hindari penggunaan obat kimia juga bisa menjaga kesehatan jantung.

1 komentar:

  1. makanlah makanan yang bisa menyehatakn tubuh anda terutama untuk kesehatan jantung anda,dan jangan lupa konsumsi terus obat herbal xamthone plus,untuk pemesanannya,tinggal klik cara pemesanan xamthone plus

    BalasHapus