Selasa, 06 Desember 2011

Artikel Tentang Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah jenis infeksi yang sangat sering terjadi. ISK dapat terjadi di saluran ginjal (ureter), kandung kemih (bladder), atau saluran kencing bagian luar (uretra).

Bakteri utama penyebab ISK adalah bakteri Escherichia coli (E. coli) yang banyak terdapat pada tinja manusia dan biasa hidup di kolon. Wanita lebih rentan terkena ISK karena uretra wanita lebih pendek daripada uretra pria sehingga bakteri ini lebih mudah menjangkaunya. Infeksi juga dapat dipicu oleh batu di saluran kencing yang menahan koloni kuman. Sebaliknya, ISK kronis juga dapat menimbulkan batu.

Mikroorganisme lain yang bernama Klamidia dan Mikoplasma juga dapat menyebabkan ISK pada laki-laki maupun perempuan, tetapi cenderung hanya di uretra dan sistem reproduksi. Berbeda dengan E coli, kedua bakteri itu dapat ditularkan secara seksual sehingga penanganannya harus bersamaan pada suami dan istri.

Saluran kemih terdiri dari beberapa bagian, yaitu :

  • Ginjal : Berfungsi untuk menyaring semua hasil buangan dari darah & dirubah menjadi air seni/urin.
  • Ureter : Berfungsi untuk menyalurkan air seni/urin dari ginjal ke kandung kemih
  • Kandung kemih : Adalah organ yang berbentuk seperti balon & berfungsi untuk menyimpan air seni/urin sebelum dikeluarkan.
  • Urethra : Adalah saluran pembuangan air seni/urin dari kandung kemih yang melewati penis pada pria atau antara vagina & klitoris pada wanita.

Jenis Infeksi Saluran Kemih

  • Infeksi saluran kemih bagian bawah : Terjadi pada bagian bawah saluran kemih, yang meliputi kandung kemih & urethra. Infeksi yang terjadi pada kandung kemih disebut dengan cystitis, sedangkan yang terjadi pada urethra disebut dengan urethritis
  • Infeksi saluran kemih bagian atas : Terjadi pada bagian atas saluran kemih, yang meliputi ginjal & ureter. Infeksi saluran kemih bagian atas ini lebih serius dibandingkan infeksi saluran kemih bagian bawah karena mempunyai resiko kerusakan pada ginjal.

Gejala ISK

  • Anyang-anyangan atau rasa ingin buang air kecil lagi, meski sudah dicoba untuk berkemih namun tidak ada air kemih yang keluar.
  • Sering kencing dan kesakitan saat kencing, air kencingnya bisa berwarna putih, cokelat atau kemerahan dan baunya sangat menyengat.
  • Warna air seni kental/pekat seperti air teh, kadang kemerahan bila ada darah.
  • Nyeri pada pinggang.
  • Demam atau menggigil, yang dapat menandakan infeksi telah mencapai ginjal (diiringi rasa nyeri di sisi bawah belakang rusuk, mual atau muntah)
  • Peradangan kronis pada kandung kemih yang berlanjut dan tidak sembuh-sembuh dapat menjadi pemicu terjadinya kanker kandung kemih.

Penyebab ISK

ISK dapat disebabkan oleh kebiasaan yang tidak baik (kurang minum, menahan kemih), kateterisasi, dan penyakit serta kelainan lain. serta berhubungan dengan gonta ganti pasangan..yang kita tidak tau juga kalau pasangan itu membawa bakteri dari pasangan lain. terutama kalau sitem ketahanan tubuh sudah berkurang, apa saja jenis bakteri akan sangat gampang sekali masuk ke dalam tubuh.

Pencegahan ISK

  • Perbanyak minum air
  • Berceboklah dengan cara dari depan ke belakang untuk mencegah bakteri dari anus masuk ke vagina atau uretra.
  • Bersihkan alat vital Anda sebelum berhubungan
  • Buang air kecil setelah berhubungan seksual untuk membersihkan bakteri dari saluran kencing
  • Jangan menahan kencing bila Anda ingin buang air kecil
  • Mandi dengan gayung/shower, tidak dengan bath tub

Pengobatan Infeksi Saluran Kemih

Untuk pengobatan infeksi saluran kemih disarankan memakai obat herbal.Penggunaan obat herbal aman dan tidak menimbulkan efek samping untuk organ lain,berbeda hanya dengan penggunaan obat kinia yang bisa merusak organ hati,jantung,ginjal,otak dsb.Obat herbal yang paling baik untuk pengobatan infeksi saluran kemih (ISK) adalah xamthone plus.Bagaimana pengobatan ISK selengkapnya,silakan lihat di Obat herbal infeksi saluran kemih.

 

 

5 komentar:

  1. Masalah Kandung Kemih

    Kandung kemih terlalu aktif adalah Masalah kandung kemih yang menyebabkan dorongan tiba-tiba untuk buang air kecil. Dorongan mungkin sulit untuk berhenti, dan kandung kemih yang terlalu aktif dapat menyebabkan keluarnya urin tanpa disengaja (inkontinensia).

    Gejala
    • Penyakit
    • Cedera
    • Cacat bawaan pada otak, medula spinalis atau saraf yang menuju ke kandung kemih, saraf yang keluar dari kandung kemih maupun keduanya.
    Suatu kandung kemih neurogenik bisa kurang aktif, dimana kandung kemih tidak mampu berkontraksi dan tidak mampu menjalankan pengosongan kandung kemih dengan baik; atau menjadi terlalu aktif (spastik) dan melakukan pengosongan berdasarkan refleks yang tak terkendali.

    Kandung kemih yang kurang aktif biasanya terjadi akibat gangguan pada saraf lokal yang mempersarafi kandung kemih. Penyebab tersering adalah cacat bawaan pada medula spinalis (misalnya spina bifida atau mielomeningokel).

    Suatu kandung kemih yang terlalu aktif biasanya terjadi akibat adanya gangguan pada pengendalian kandung kemih yang normal oleh medula spinalis dan otak. Penyebabnya adalah cedera atau suatu penyakit, misalnya sklerosis multipel pada medula spinalis yang juga menyebabkan kelumpuhan tungkai (paraplegia) atau kelumpuhan tungkai dan lengan (kuadripelegia). Cedera ini seringkali pada awalnya menyebabkan kandung kemih menjadi kaku selama beberapa hari, minggu atau bulan (fase syok). Selanjutnya kandung kemih menjadi overaktif dan melakukan pengosongan yang tak terkendali.

    Penyebab
    Gejalanya bervariasi berdasarkan apakah kandung kemih menjadi kurang aktif atau overaktif. Suatu kandung kemih yang kurang aktif biasanya tidak kosong dan meregang sampai menjadi sangat besar. Pembesaran ini biasanya tidak menimbulkan nyeri karena peregangan terjadi secara perlahan dan karena kandung kemih memiliki sedikit saraf atau tidak memiliki saraf lokal.

    Pada beberapa kasus, kandung kemih tetap besar tetapi secara terus-menerus menyebabkan kebocoran sejumlah air kemih. Sering terjadi infeksi kandung kemih karena sisa air kemih di dalam kandung kemih memungkinkan pertumbuhan bakteri. Bisa terbentuk batu kandung kemih, terutama pada penderita yang mengalami infeksi kandung kemih menahun yang memerlukan bantuan kateter terus-menerus. Gejala dari infeksi kandung kemih bervariasi, tergantung kepada jumlah saraf yang masih berfungsi.

    Jika anda terkena penyakit ini solusi terbaik adalah pengobatan secepatnya, obati segera penyakit anda dengan Kinik Apollo Spesialis Kelamin Jakarta yang sudah sejak tahun 2015 untuk mengobati Andrologi dan Ginekologi.

    Apabila anda mempunyai akibat masalah kandung kemih diatas, sebaiknya anda segera untuk melakukan pengobatan sebelum penyakit anda derita akan semakin memperparah kondisi tubuh anda. Demikian sedikit penjelasan masalah kandung kemih, apabila infeksi tersebut menyerang anda, segera diobati, pengobatan Klinik Apollo spesialis kelamin yang sudah terbukti khasiatnya menyembuhkan pasien berbagai penyakit kelamin Andrologi dan Ginekologi.

    Untuk informasi lebih lanjut dan silahkan konsultasi langsung dengan “ DOKTER ONLINE GRATIS “ 021-62303060 / 0813-1518-6262

    buka link di bawah ini :
    https://helodokter.com

    BalasHapus