Senin, 26 Desember 2011

Cara Memeriksa Kanker Payudara

Cara Memeriksa Kanker Payudara Sebagai  Langkah Awal Untuk Mencegah Perkembangan Kanker Payudara

Kanker payudara adalah jenis kanker yang umum terjadi pada kaum perempuan dan merupakan penyakit kanker dengan jumlah penderita tertinggi kedua setelah  kanker serviks.Sebetulnya kanker ini bisa dicegah dengan melakukan deteksi dini sehingga ketika diketahui ada kejanggalan dapat dilakukan pencegahan ager sel kanker tidak berkembang.Perlu diketahui bahwa di negara lain khususnya negara maju jumlah penderita kanker ini tidak lebih banyak dibandinkan dengan penderita kanker lain.Hal ini terjadi karena di negara maju mereka telah memiliki kesadaran untuk melakukan pemeriksaan secara rutin.Dengan adanya kebiasaan itu kasus yang ditemukan masih dalam stadium awal sehingga bisa disembuhkan dengan mudah,berbeda halnya dengan di negara kita,karena kurangnya kesadaran untuk memeriksa maka kebanyakan kasus yang ditemukan sudah memasuki stadium lanjut sehingga sulit untuk sembuh.Karena itulah biasakan untuk memeriksa secara rutin keadaan payudara anda.Cara memeriksa kanker payudara ini mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.Yang perlu diperhatikan ketika anda menemukan hal asing yang janggal jangan merasa panik dan lakukanlah pemeriksaan lebih lanjut secara medis.

Cara Memeriksa Kanker Payudara

Melakukan pemeriksaan kanker payudara sendiri tidak akan memakan waktu yang lama,karenanya tidak akan mengganggu aktivitas anda.Tetapi walaupun hanya sebentar pemerikasaan ini akan mencegah kanker payudara berkembang karena dengan deteksi dini ini bila ditemukan kelainan pada payudara bisa dilakukan pencegahan serta penanganan yang cepat dan tepat.

Waktu untuk melakukan pemeriksaan kanker payudara sendiri ini baik dilakukan secara rutin setiap bulannya pada hari ke-10 terhitung  dari awal menstruasi.Cara pemeriksaan kanker payudara sendiri ini bisa dilakukan perempuan semenjak usia 20 tahun.Dengan melakuakan pemeriksaan dini ini diharapkan resiko kanker payudara yang lebih parah bisa dicegah.

Untuk mempermudah anda melakukan pemerikasaan kanker payudara sendiri,sebaiknya lakukan sehadis mandi.Karena setelah mandi masih ada sisa-sisa sabun yang menempel pada kulit yang akan memudahkan gerakan meraba dan memijat lembut.Seperti yang dikatakan oleh ahli onkologi dr Ramadhan, SpBOnk, dalam talkshow Healthy Chit Chat beberapa waktu lalu. Berikut ini cara memeriksa kanker payudara yang bisa dilakukan sendiri di rumah:

1. Perhatikan payudara dengan seksama, lihat apakah ada kelainan ataukah normal saja. Caranya ada dua, pertama dengan mengangkat kedua tangan Anda hingga di atas kepala. Kedua, letakkan kedua tangan Anda di pinggang. Cara ini bisa membantu Anda mengenali payudara. Apakah ada perubahan bentuk atau payudara tidak simetris. Anda juga bisa melihat apakah terdapat kerutan pada payudara, kulit berubah seperti kulit jeruk. Jika menemukan tanda ini sebaiknya segera periksa ke dokter.

2. Angkat lengan kiri ke atas kepala untuk melakukan pijatan lembut pada payudara. Gunakan permukaan jari yang rata untuk mengurut payudara. Pastikan untuk menyentuh seluruh bagian payudara. Gunakan pola yang sama setiap bulannya. Meraba, menekan, atau memijat lembut payudara membantu Anda mengetahui apakah ada benjolan atau tidak. Meski tidak semua benjolan adalah kanker, tetap saja, Anda perlu segera periksakan ke dokter untuk mendiagnosa dan mendapatkan penangangan yang lebih tepat.

3. Pemeriksaan payudara sendiri bisa dilakukan dengan tiga gerakan pijatan. Pertama gerakan arah berputar dengan menyentuh seluruh bagian payudara. Raba payudara dengan gerakan memutar seperti mengelilingi area puting. Gerakan kedua, lakukan SADARI secara sistematis, dengan arah naik dan turun. Pastikan seluruh bagian payudara tersentuh, baik bagian pinggir dan tengahnya. Ketiga, lakukan SADARI dengan gerakan arah keluar dan masuk di setiap bagian payudara.

4. Periksa juga puting Anda dengan menekannya lembut. Pastikan apakah ada cairan yang keluar. Jika puting menjadi lunak, mengeluarkan darah atau cairan, ini pertanda agar Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Selain itu ada juga tanda lain seperti puting bersisik, memerah, dan bengkak.

5. Pemeriksaan payudara sendiri juga bisa dilakukan dengan berbaring. Caranya periksa daerah antara payudara dan ketiak, serta daerah antara payudara dan tulang dada, sambil berbaring. Ulangi semua langkah 3 di atas (gerakan meraba, memijat, dan menekan lembut) untuk payudara sebelah kanan. Waspadai benjolan di sekitar ketiak,

Cara memeriksa kanker payudara sendiri diatas tidak akan memakan waktu yang lama,hanya sekitar 10 menit.Jadi usahakan untuk melakukanya rutin setiap bulan.Karena 10 menit yang anda gunakan bisa saja menyelamatkan anda dari ganasnya kanker payudara.

Apabila selama pemeriksaan anda menemukan hal-hal yang aneh atau janggal,jangan merasa panik segera periksakan lebih lanjut pada dokter.Jangan tunda pemeriksaan hanya karena rasa takut,sebab kanker payudara yang dideteksi dari awal akan dan diobati dengan capat dan tepat kanker payudara akan sembuh dengan tuntas.Ingat mencegah lebih baik daripada mengobati dan mengobati lebih baik daripada membiarkan.

Artikel terkait >> obat herbal kanker payudara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar