Rabu, 21 Desember 2011

Kanker Serviks

Mengenali seluk beluk kanker serviks sebagai langkah awal mencegah dan mengobati kanker serviks dengan tepat dan cepat

Kanker serviks atau kanker leher rahim tentu tidak asing lagi di telinga.Apalagi bagi wanita,kanker serviks adalah momok yang mengerikan dan fakta berbicara kanker serviks adalah penyebab kematian tertinggi pada wanita.Kanker serviks adalah jenis kanker yang penyebab pastinya telah diketahui.Karena itu mengenali seluk beluk kanker ini akan sangat membantu untuk melakukan pencegahan dan penanganan yang cepat dan tepat.

Pengertian Kanker Serviks

Kanker serviks adalah kanker yang tumbuh dan berkembang pada daerah leher rahim.Leher rahim yaiyu daerah pada organ reproduksi kewanitaan yang merupakan pintu masuk ke arah rahim.Terletak antara rahim dengan vagina.Kanker ini 99,7% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik, yang menyerang leher rahim. Berawal terjadi pada leher rahim, apabila telah memasuki tahap lanjut, kanker ini bisa menyebar ke organ-organ lain di seluruh tubuh penderita.

Bahaya Kanker Serviks

Kanker serviks bukan penyakit yang bisa disepelekan.Menurut catatan WHO kanker serviks atau kanker leher rahim ini menempati urutan teratas diantara penyebab kematian lainnya pada perempuan di dunia.Khusus di indonesia terdeteksi kasus kanker serviks sebanyak 15.000 kasus per tahunnya dengan 8000 kasus diantaranya menyebabkan kematian.Masih menurut WHO, indonesia menduduki peringkat teratas dalam hal penderita kanker serviks.Kanker serviks ini menjadi sangat berbahaya karena gejalanya yang sulit dideteksi dan kebayakan baru bisa dideteksi pada stadium lanjut

Penyebab Kanker Serviks

Penyebab utama kanker serviks adalah virus Human Papilloma Virus (HVP).Virus HVP memiliki lebih dari 100 tipe yang sebagian besar diantaranya tidak berbahaya dan bisa lenyap dengan sendirinya. Tipe yang menyebabkan kanker serviks paling patal adalah virus HPV tipe 16 dan 18.Penyebag lain yang bisa membuat tumbuhnya sel-sel abnormal pada leher rahim adalah paparan radiasi atau pencemaran bahan kimia yang terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama.

Faktor Resiko Kanker Serviks

Faktor resiko kanker serviks dikelompokkan menjadi 3 golongan yaitu:

1.Faktor Alami

Faktor alamiah adalah faktor-faktor yang secara alami terjadi pada seseorang dan memang kita tidak berdaya untuk mencegahnya. Yang termasuk dalam faktor alamiah pencetus kanker serviks adalah usia diatas 40 tahun. Semakin tua seorang wanita maka makin tinggi risikonya terkena kanker serviks. Tentu kita tidak bisa mencegah terjadinya proses penuaan. Akan tetapi kita bisa melakukan upaya-upaya lainnya untuk mencegah meningkatnya risiko kanker serviks. Tidak seperti kanker pada umumnya, faktor genetik tidak terlalu berperan dalam terjadinya kanker serviks. Ini tidak berarti Anda yang memiliki keluarga bebas kanker serviks dapat merasa aman dari ancaman kanker serviks. Anda dianjurkan tetap melindungi diri Anda terhadap kanker serviks.

2.Faktor Kebersihan

  • Keputihan yang dibiarkan terus menerus tanpa diobati. Ada 2 macam keputihan,  yaitu yang normal dan yang tidak normal. Keputihan normal bila lendir berwarna bening, tidak berbau, dan tidak gatal. Bila salah satu saja dari ketiga syarat tersebut tidak terpenuhi berarti keputihan tersebut dikatakan tidak normal. Segeralah berkonsultasi dengan dokter Anda bila Anda mengalami keputihan yang tidak normal.
  • Penyakit Menular Seksual (PMS). PMS merupakan penyakit-penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual. PMS yang cukup sering dijumpai antara lain sifilis, gonore, herpes simpleks, HIV-AIDS, kutil kelamin, dan virus HPV.
  • Pemakaian pembalut yang mengandung bahan dioksin. Dioksin merupakan bahan pemutih yang digunakan untuk memutihkan pembalut hasil daur ulang dari barang bekas, misalnya krayon, kardus, dan lain-lain.
  • Membasuh kemaluan dengan air yang tidak bersih, misalnya di toilet-toilet umum yang tidak terawat. Air yang tidak bersih banyak dihuni oleh kuman-kuman.

Gejala Kanker Serviks

Gejala kanker serviks pada tahap awal seringkali tidak terlihat ataupun tidak terasa.Karena itu bagi yang memiliki aktivitas seksual yang aktif dianjurkan untuk rutin melakukan pemeriksaan pap smear.Gejala kanker serviks akan mulai dirasakan pada stadium lanjut.Gejala kanker serviks pada stadium lanjut antara lain:

  • munculnya rasa sakit dan perdarahan saat berhubungan intim (contact bleeding).
  • keputihan yang berlebihan dan abnormal
  • perdarahan di luar siklus menstruasi.
  • penurunan berat badan drastis.
  • Apabila kanker sudah menyebar ke panggul, maka pasien akan menderita keluhan nyeri punggung
  • juga hambatan dalam berkemih, serta pembesaran ginjal.

Cara Penularan Kanker Seviks

Penularan virus HPV bisa terjadi melalui hubungan seksual, terutama yang dilakukan dengan berganti-ganti pasangan. Penularan virus ini dapat terjadi baik dengan cara transmisi melalui organ genital ke organ genital, oral ke genital, maupun secara manual ke genital.

Karenanya, penggunaan kondom saat melakukan hubungan intim tidak terlalu berpengaruh mencegah penularan virus HPV. Sebab, tak hanya menular melalui cairan, virus ini bisa berpindah melalui sentuhan kulit.

Pencegahan Kanker Serviks

Mencegah selalu lebih abik daripada mengobati.Untuk kasus kanker serviks yang gejala awalnya sulit dideteksi ini perlu adanya kewaspadaan dengan melalukan pencegahan yang memungkinkan meminimalisir kemungkinan kanker serviks.Adapun yang bisa dilakukan untul mensegan kanker serviks adalah:

  • Tidak berhubungan intim dengan bergonta-ganti pasangan 
  • Bagi yang telah aktif secara seksual dianjurkan untuk melakukan pap smear dua tahun sekali
  • Bagi yang belum aktif secara seksual bisa melakukan vaksinasi HPV
  • Memelihara kesehatan tubuh
  • Menjauhi karsinogen yang bisa  memicu tumbuhnya kanker

Pengobatan Kanker Serviks

Setiap penyakit,apapun itu pasti telah disediakan obatnya.Tidak terkecuali dengan kanker serviks,anda tinggal mencari pengobatan yang dapat mengatasi kanker serviks dengan aman.Untuk pengobatan kanker serviks bisa klik tautan obat herbal kanker serviks

posted by : Cara Mudah Menjadi Agen Xamthone

2 komentar: