Selasa, 13 Desember 2011

Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Madu adalah cairan yang lengket dan manis yang dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga.Madu lebih manis dari gula meja dan memiliki ciri-ciri kimia yang menarik untuk pemanggangan. Madu memiliki rasa yang berbeda daripada gula dan pemanis lainnya.

Madu selain rasanya yang manis dan mampu mengobati berbagai penyakit,ternyata madu juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan kulit dan memperlambat penuaan dini.Madu diperoleh dari sari bunga dan mengadung 80 persen gula, dimana sisanya adalah mineral, seperti besi, kalsium, fosfor, magnesium, asam amino. Madu juga mengandung vitamin C, B dan air.

Berikut ini adalah manfaat madu untuk kesehatan:

Mudah dicerna

Karena molekul gula pada madu asli 100% murni dapat berubah menjadi jenis gula lain (misalnya sukrosa menjadi glukosa), madu mudah dicerna oleh perut yang paling sensitif sekalipun, walau memiliki kandungan asam yang tinggi. Madu membantu ginjal dan usus untuk berfungsi lebih baik.

Menambah tenaga

Jika dibandingkan dengan jumlah gula yang sama, kandungan kalori madu asli 100% murni 40% lebih rendah. Walau memberi energi yang besar, madu asli 100% murni tidak menambah berat badan. Kandungan gizi utama madu asli 100% murni yang terdiri dari senyawa karbohidrat seperti gula fruktosa (41,0%), glukosa (35%), sukrosa (1,9%), dan dekstrin (1,5%) akan menambah asupan energi yang diperlukan

Memperlancar fungsi otak

Jika dicampur dengan air hangat, madu asli 100% murni dapat berdifusi ke dalam darah hanya berselang tujuh menit setelah dikonsumsi. Molekul gula bebas dalam madu asli 100% murni membuat otak berfungsi lebih baik karena otak merupakan pengonsumsi gula terbesar.

Membantu pembentukan darah

Madu asli 100% murni menyediakan banyak energi yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan sel darah. Lebih jauh lagi, ia membantu pembersihan darah. Madu asli 100% murni berpengaruh positif dalam mengatur dan membantu peredaran darah. Madu asli 100% murni juga berfungsi sebagai pelindung terhadap masalah pembuluh kapiler dan arteriosklerosis.

Membunuh bakteri

Sifat madu yang membunuh bakteri disebut "efek inhibisi". Penelitian tentang madu asli 100% murni menunjukkan bahwa sifat ini meningkat dua kali lipat bila diencerkan dengan air.

Meningkatkan nafsu makan dan mengurangi rasa sakit

Dari hasil penelitian Y Widiodo (2001), peneliti di Pusat Penelitian dan Pengembangan Gizi Bogor ditemukan bahwa konsumsi madu asli 100% murni secara rutin dapat mengurangi kepekaan terhadap rasa sakit, sekaligus memperbaiki nafsu makan balita.

Manfaat kesehatan pemberian madu asli 100% murni yang terlihat dalam penelitian tersebut antara lain disebabkan oleh dua hal. Pertama, madu asli 100% murni mengandung aneka zat gizi dan gula madu hanya mengandung energi/kalori. Kedua, madu asli 100% murni juga mengandung senyawa yang bersifat antibiotik.

Memenuhi kebutuhan protein

Kadar protein dalam madu asli 100% murni relatif kecil, sekitar 2,6%. Tapi kandungan asam aminonya cukup beragam, baik asam amino non esensial maupun esensial. Asam amino inilah yang memenuhi kebutuhan protein balita.

Mengandung zat antibiotik

Dari penelitian Peter C. Molan (1992), peneliti di Departement of Biological Sciences, University of Waikoto, Hamilton, New Zealand dibuktikan bahwa madu asli 100% murni mengandung antibiotik yang aktif melawan serangan berbagai patogen penyebab penyakit. Beberapa penyakit infeksi yang dapat "disembuhkan" dan dihambat dengan mengkonsumsi madu secara teratur, antara lain; batuk, demam, penyakit jantung, gangguan hati, paru-paru, penyakit yang dapat mengganggu fungsi mata, syaraf dan telinga plus infeksi saluran pernafasan akut (ISPA).

Sifat ini membantu mencegah pertumbuhan bakteri tertentu dengan memproduksi enzim-hidrogen peroksida sehingga madu dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan alami untuk mempercepat penyembuhan luka dan lecet.

Anti-penuaan

Madu selalu terkenal karena sifat alami antioksidan yang memainkan peran penting dalam melindungi kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet. Sering terpapar sinar matahari menyebabkan kerusakan kulit, penuaan dini dan bahkan kanker kulit. Madu dapat digunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Pelembab.

Madu memiliki kualitas sebagai humektan sehingga sering digunakan sebagai pelembab dalam berbagai jenis kosmetik. Madu tidak hanya mengikat air tetapi juga mempertahankan kesehatan kulit dari dalam, sehingga tetap kenyal dan elastis, disamping juga melindungi kulit dari keriput dan kekeringan.

 

Menyembuhkan eksim.

Jenis madu tertentu seperti Manuka mampu menyembuhkan penyakit seperti eksim. Madu dapat mengobati kulit rusak dan mempercepat regenerasi sel-sel kulit sebagai unsur yang terpenting dalam menyembuhkan eksim dan bentuk lain dari dermatitis.

Mencegah infeksi.

Sebuah infeksi kulit yang disebabkan oleh ringworm (cacing gelang) juga dapat diobati dengan menggunakan madu Manuka. Istilah cacing gelang (ringworm) merujuk pada infeksi-infeksi jamur yang berada dipermukaan kulit.

Anti jerawat

Madu dapat melawan infeksi di bawah kulit akibat sumbatan di pori-pori dan menarik kotoran keluar. Madu juga memiliki sifat aktif yang mampu menembus folikel serta membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat dan infeksi

Penyejuk kulit

Campurkan satu sendok teh madu dengan satu sendok teh minyak sayur dan seperempat sendok teh jus lemon. Ini merupakan campuran kondisioner alami. Untuk menggunakannya Anda bisa menggosokannya ke setiap bagian tubuh Anda yang kering. Biarkan selama 10 menit dan kemudian bilas.

Perlindungan bibir.

Madu dapat digunakan untuk mengatasi masalah bibir pecah-pecah dan keriput, sehingga membuatnya lebih halus dan lembut.

Pengelupasan kulit.

Madu dapat digunakan untuk mengangkat sel kulit mati di permukaan terluar kulit. Caranya, Anda dapat mencampur satu sendok makan almond dengan madu, dua sendok makan oatmeal kering dan satu sendok teh jus lemon. Setelah itu, pijat lembut campuran ini pada wajah selama 5 menit dan kemudian bilas menggunakan air.(dirangkum dari berbagai sumber)

Kini manfaat madu dapat anda peroleh dengan mengkonsumsi minuman kesehatan xamthone plus yang terbuat dari jus manggis yang dicampur dengan madu sebagai pengawet alaminya.Minuman ini sangat banyak manfaatnya selain untuk kesehatan tubuh juga baik untuk menjaga kecantikan.Lihat manfaat lengkap dari xamthone plus di sini.Info pemesanan xamthone plus lihat di cara pemesanan xamthone

9 komentar:

  1. siip banget madu sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

    BalasHapus

  2. terima kasih telah berbagi berita yang telah anda berikan.
    salam sejahtera Indonesia ***

    BalasHapus
  3. Waw rasa ngantuk saya jadi hilang setelah baca artikel bapak,, makasih pak!!!!***

    BalasHapus
  4. share nya semoga bermanfaat dan bertambah lagi ilmunya !!! trimakasih atas infonya pencerahan baru untuk saya ***

    BalasHapus
  5. terima kasih artikelnya yang luar biasa ini ..
    sering-sering mas kasih artikel untuk kebaikan situsnya juga...***

    BalasHapus
  6. senangnya baca informasi ini, sangat bermanfaat. Ijin share link-nya ke teman-teman biar mereka tahu semua.***

    BalasHapus
  7. saya sungguh senang baca artikel yang bapa berikan sangat bagus,***

    BalasHapus
  8. Informasinya boleh banget nih.
    terimakasih ya atas informasinya***

    BalasHapus

  9. informasi yang sangat bagus untuk disimak..terimakasih pak.***

    BalasHapus