Selasa, 22 November 2011

Penyebab Darah Tinggi

Penyebab Darah Tinggi

Tekanan darah naik turun sepanjang hari. Tetapi, ketika tekanan darah terus naik dalam masa tertentu, inilah yang disebut dengan tekanan darah tinggi (hipertensi). Tekanan darah tinggi sangat berbahaya karena membuat jantung bekerja terlalu keras, dan tekanan yang kuat dari aliran darah dapat melukai pembuluh darah arteri dan organ-organ seperti jantung, ginjal, otak, dan mata.

Tekanan darah tinggi seringkali tidak menunjukkan tanda atau gejala. Ketika tekanan darah tinggi terjadi, biasanya akan berlangsung seumur hidup. Jika tidak dikontrol, dapat menyebabkan penyakit jantung dan ginjal, stroke, dan kebutaan bahkan dampak terburuknya bisa mengakibatkan kematian.

Pada dasarnya penderita tekanan darah tinggi kebanyakan terjadi di kalangan usia tua. Namun dalam beberapa kasus penyakit tekanan darah tinggi juga terjadi di kalangan usia muda. Adapun faktor-faktor penyebab tekanan darah tinggi, diantaranya adalah faktor yang dapat kita hindari dan adapula faktor yang tidak bisa kita hindari.

Berikut adalah faktor-faktor yang dapat menyebabkan Tekanan Darah Tinggi :

1. Faktor Keturunan
Faktor ini tidak bisa Anda kendalikan. Jika seseorang memiliki orang-tua atau saudara yang memiliki tekanan darah tinggi, maka kemungkinan ia menderita tekanan darah tinggi lebih besar. Statistik menunjukkan bahwa masalah tekanan darah tinggi lebih tinggi pada kembar identik daripada yang kembar tidak identik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada bukti gen yang diturunkan untuk masalah tekanan darah tinggi.

2. Faktor Usia
Faktor ini tidak bisa Anda kendalikan. Penelitian menunjukkan bahwa seraya usia seseorang bertambah, tekanan darah pun akan meningkat. Anda tidak dapat mengharapkan bahwa tekanan darah Anda saat muda akan sama ketika Anda bertambah tua. Namun Anda dapat mengendalikan agar jangan melewati batas atas yang normal.

3. Faktor Garam
Faktor ini bisa Anda kendalikan. Garam dapat meningkatkan tekanan darah dengan cepat pada beberapa orang, khususnya bagi penderita diabetes, penderita hipertensi ringan, orang dengan usia tua, dan mereka yang berkulit hitam.

4. Faktor Kolesterol
Faktor ini bisa Anda kendalikan. Kandungan lemak yang berlebih dalam darah Anda, dapat menyebabkan timbunan kolesterol pada dinding pembuluh darah. Hal ini dapat membuat pembuluh darah menyempit dan akibatnya tekanan darah akan meningkat. Kendalikan kolesterol Anda sedini mungkin.

5. Faktor Obesitas / Kegemukan
Faktor ini bisa Anda kendalikan. Orang yang memiliki berat badan di atas 30 persen berat badan ideal, memiliki kemungkinan lebih besar menderita tekanan darah tinggi.

6. Faktor Stress
Faktor ini bisa Anda kendalikan. Stres dan kondisi emosi yang tidak stabil juga dapat memicu tekanan darah tinggi.

7. Faktor Rokok
Faktor ini bisa Anda kendalikan. Merokok juga dapat meningkatkan tekanan darah menjadi tinggi. Kebiasan merokok dapat meningkatkan risiko diabetes, serangan jantung dan stroke. Karena itu, kebiasaan merokok yang terus dilanjutkan ketika memiliki tekanan darah tinggi, merupakan kombinasi yang sangat berbahaya yang akan memicu penyakit-penyakit yang berkaitan dengan jantung dan darah.

8. Faktor Kafein
Faktor ini bisa Anda kendalikan. Kafein yang terdapat pada kopi, the maupun minuman cola bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah.

9. Alkohol
Faktor ini bisa Anda kendalikan. Konsumsi alkohol secara berlebihan juga menyebabkan tekanan darah tinggi.

10. Kurang Olahraga
Faktor ini bisa Anda kendalikan. Kurang olahraga dan bergerak bisa menyebabkan tekanan darah dalam tubuh meningkat. Olahraga teratur mampu menurunkan tekanan darah tinggi Anda namun jangan melakukan olahraga yang berat jika Anda menderita tekanan darah tinggi.

Darah tinggi penyakit yang berbahaya namun bukan berarti tidak bisa di cegah.Darah tinggi atau hipertensi bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Membiasakan untuk menghindari faktor penyebab darah tinggi adalah jalan terbaik meskipun untuk faktor keturunan dan usia tidak bisa kita kendalikan.Ingat bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.Namun bagi yang telah terlanjur terkena darah tinggi silakan anda mulai untuk melakukan pengobatan tunggu sampai jangan terlambat.Tapi melilih onat pun harus hati-hati karena bis jadi itu akan membuat anda menemui masalah baru.Pengobatan yang paling aman adalah dengan mengguakan obat herbal darah tinggi

Untuk informasi lebih lanjut silakan lihat >> obat herbal darah tinggi

Posted by…..jus manggis xamthone plus

5 komentar: